ZTE Raup Pendapatan Rp40 Triliun

ZTE Corp melaporkan kenaikan pendapatan usaha sebesar 10,9 persen di paruh pertama 2010 dibanding periode sama 2009. Pendapatan perseroan mencapai US$4,52 miliar atau setara Rp40,3 triliun.

Eropa dan Amerika Serikat masih menyumbang porsi terbesar, yakni masing-masing 18 persen dari total pendapatan. Pertumbuhan kontribusi dari dua pasar ini diperkirakan mencapai 45 persen.

Menurut standar laporan keuangan Hong Kong, seperti dikutip dari Cellular News, Jumat 20 Agustus 2010, pada paruh pertama yang berakhir 30 Juni 2010, laba bersih ZTE tumbuh 12 persen menjadi US$129,1 juta atau setara Rp1,1 triliun. Pendapatan internasional ZTE dilaporkan tumbuh 19,5 persen menjadi US$2,24 miliar, sekitar 49,6 persen dari total pendapatan usaha perusahaan.

Secara keseluruhan, pertumbuhan pendapatan yang signifikan itu didorong tingginya permintaan mitra ZTE dalam mengonstruksikan jaringan 3G. Tak hanya itu, ZTE membantu mitranya dalam hal penggantian perangkat, perluasan cakupan, dan improvisasi jaringan.

Usaha tersebut setidak-tidaknya bisa mempertahankan pangsa pasar ZTE di pasar jaringan 3G China di tengah melemahnya investasi untuk jaringan 3G. Namun, di saat kontribusi dari Asia menurun karena insiden yang terjadi di India terkait pemeriksaan keamanan peralatan telekomunikasi, ZTE Corp masih cukup optimistis dengan kontribusi pendapatan internasional.

Dari sisi produk, ZTE mencatat peningkatan tipis 1,1 persen dari jaringan mitra operator. Sedangkan untuk produk terminal tumbuh 39,7 persen dan software telekomunikasi, layanan, dan produk-produk lainnya diestimasi sekitar 18 persen.

Di Eropa, data card ZTE dan ponsel Android adalah dua produk primadona perusahaan asal China itu. Bahkan, ponsel yang dikustomisasi ZTE pernah diadopsi oleh Softbank, operator terbesar ketiga di Jepang. Ini menjadi salah satu faktor yang membantu penjualan ZTE tumbuh di sisi volume dan pendapatan produk terminal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s