Ikuti Google, Dell Siap Pindah dari China

Dell telah berkali-kali dikabarkan bahwa mereka akan meninggalkan negeri tersebut..

Tampaknya Google bukan satu-satunya perusahaan teknologi terkemuka yang akan meninggalkan China. Michael Dell, pendiri Chief Executive Officer dikabarkan sedang berkemas pindah ke tempat lain yang lebih murah.

Kabar tersebut diungkapkan pertama kali oleh Manmohan Singh, Perdana Menteri India. “Michael Dell telah menjanjikan pada saya bahwa mereka akan memindahkan pabrik senilai 25 miliar dolar AS dari China ke India,” ucap Singh, seperti VIVAnews kutip dari Gizmodo, 30 Maret 2010.

Dell sendiri telah berkali-kali dikabarkan bahwa mereka akan meninggalkan China untuk mencari lingkungan yang lebih aman bagi perusahaan. Selain menyebutkan akan memindahkan investasi sebesar 25 miliar ke India, Singh juga menyebutkan bahwa Dell mencari negara dengan sistem perundang-undangan yang aman.

Seperti diketahui, Google menutup sebagian besar operasional mereka di China pekan ini setelah berselisih dengan pemerintah setempat seputar sensor hasil pencarian internet serta insiden penyerangan terhadap situs mesin pencari tersebut.

Ada kemungkinan, Dell juga khawatir akan adanya serangan dunia maya dari para penjahat cyber di China. Pasalnya, Dell sendiri tampak kesal dengan bekerja di negeri tersebut.

Saat ini, Dell sudah memiliki satu buah pabrik di India. Dan seperti Michael Dell ucapkan sebelumnya, India merupakan negara yang menarik untuk ditempati dan di sana mereka tumbuh lebih cepat dibanding di China.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s