Kompetisi Antara HP dan Acer Berimbas ke OEM

HP outsource produksi mereka ke Foxconn dan Flextronics, sementara Acer pilih Pegatron.

Hewlett Packard (HP) diperkirakan akan tetap menguasai pasar notebook di tahun 2011 mendatang dengan penjualan di atas 50 juta unit. Angka tersebut diikuti Acer yang ada di posisi kedua dengan 47 juta unit.

Di tahun depan, partner yang menjadi OEM HP antara lain adalah Quanta Computer yang membuatkan sekitar 22 sampai 24 juta unit produk dan Foxconn Electronics (Hon Hai Precision Industry) dengan 9 sampai 10 juta unit.

Adapun partner Acer, seperti dikutip dari DigiTimes, 2 Agustus 2010 antara lain adalah Compal Electronics dengan 25 juta unit, Wistron dengan 15 juta unit, Quanta dengan 5 juta unit, serta Pegatron Technology dengan produksi 2 juta unit.

Meski demikian, menurut sejumlah sumber di industri notebook, berhubung Acer masih berpeluang untuk mencapai penjualan 50 juta unit di 2011 mendatang, kompetisi di antara kedua pemain utama tersebut akan terus berlanjut dari sisi harga produk.

Sebagai bukti, HP mulai mengoutsource produksi notebook mereka ke Foxconn dan Flextronics, sementara Acer memilih Pegatron untuk menurunkan biaya. Seperti diketahui, Pegatron sendiri merupakan anak perusahaan Asustek Computer yang memproduksi motherboard, komponen dan perangkat OEM lainnya.

Kompetisi juga akan mempengaruhi keuntungan partner mereka di 2011. Contohnya, permintaan pembuatan notebook pada Quanta. Di 2010 ini, Acer memesan 20% produk notebooknya ke Quanta, sementara di tahun 2011 mendatang, angkanya menurun menjadi tinggal 11 persen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s