Lewati Acer, Dell Kembali Nomor Dua

Meski mengalami penurunan penjualan, akan tetapi penurunan penjualan Acer lebih besar.

Sembilan bulan setelah kehilangan peringkat kedua di pasar PC global, produsen komputer asal Amerika Serikat, Dell, kembali meraih posisinya. Naiknya peringkat Dell disebabkan karena penjualan Dell lebih baik dibanding Acer.

Menurut data terakhir dari iSuppli, pada kuartal kedua 2010, Dell menjual sebanyak 10,5 juta unit komputer ke seluruh dunia. Angka ini turun 1,2 persen dibanding penjualan pada kuartal pertama yang mencapai 10,7 juta unit. Secara total, Dell sendiri menguasai 12,8 persen pasar komputer dunia. Turun dari 13,1 persen dibanding kuartal pertama.

Untung bagi Dell. Di saat yang sama, Acer juga mengalami penurunan yang lebih besar, yakni 6,2 persen pada kuartal tersebut. Penjualannya turun menjadi 10,2 juta unit. Pada kuartal sebelumnya, penjualan Acer mencapai 10,9 juta unit. Dengan demikian, pangsa pasar Acer secara global menjadi 12,4 persen. Turun dari 13,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Mengingat penjualan PC secara global sendiri sebenarnya naik pada kuartal kedua 2010, penurunan penjualan tersebut tentu merupakan kabar yang kurang bagus bagi Acer ataupun Dell. Menurut iSuppli, pada kuartal tersebut, penjualan komputer di seluruh dunia mencapai 82,5 juta unit. Naik dari angka 81,6 juta unit pada kuartal pertama 2010.

iSuppli menyebutkan, penurunan penjualan Acer disebabkan karena produsen tersebut sangat mengandalkan penjualan notebook. Sementara penjualan notebook mereka menurun cukup signifikan. Di saat yang sama, produsen lain masih dapat mengimbanginya dengan peningkatan penjualan komputer desktop.

“Penjualan Dell di pasar PC global menunjukkan tren yang stabil, yakni menurun sejak 2008,” kata Matthew Wilkins, Principal Analyst of Computer Platforms Research, iSuppli, seperti dikutip dari The Inquirer, 6 September 2010. “Ketika itu, Dell menguasai 16 persen pasar komputer global dan memiliki selisih 6,5 persen dibanding Acer,” sebutnya.

Wilkins memperkirakan, di tahun 2010 ini, penjualan komputer masih akan tumbuh 15 persen. “HP masih merupakan produsen terbesar dengan pangsa pasar 18,1 persen,” kata Wilkins. “Akan tetapi HP telah berada di peringkat pertama selama 16 kuartal, sehingga itu bukanlah hal yang baru,” ucap Wilkins.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s