Toshiba Siap Produksi Massal SCIB

Toshiba siap produksi baterai lithium ion yang dapat diisi 90 persen dalam hitungan menit.

Setelah melakukan riset dan pengembangan selama beberapa tahun belakangan, Toshiba kini siap memproduksi baterai isi ulang yang cepat penuh dalam skala besar. Dari kondisi kosong, baterai dapat diisi hingga 90 persen dalam beberapa menit dan memiliki risiko korsleting yang rendah. Saat ini, kapasitas produksi Toshiba baru mencapai 150 ribu cell per bulan.
Super Charge Ion Battery (SCIB), nama baterai itu, merupakan baterai lithium ion yang menggunakan teknologi yang dikembangkan secara khusus oleh Toshiba. SCIB ditujukan untuk aplikasi industri dan kendaraan listrik serta produk komputer jinjing.
Menurut informasi yang dilansir Techworld, 29 Desember 2008, Toshiba akan meningkatkan kapasitas produksinya sampai puluhan juta cell per bulan. Untuk itu, minggu sebelumnya mereka mengumumkan akan membangun pabrik khusus di Kashiwazaki, Niigata, Barat Laut Jepang. “Pembangunan pabrik akan dilakukan akhir 2009, sementara produksi baterai sendiri akan mulai berjalan setahun setelahnya,” kata Hiroko Mochida, juru bicara Toshiba. “Untuk awalnya, produksi akan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar industri dan kendaraan elektrik. Meski begitu, di tempat yang sama baterai SCIB untuk komputer laptop juga bisa dibuat,” ucap Mochida.

Pada pameran Ceatec di Jepang, September lalu, Toshiba mendemonstrasikan laptop yang menggunakan baterai SCIB. Baterai itu memiliki kinerja yang tetap baik sampai 6000 kali diisi ulang. Sepuluh kali lipat lebih baik dibanding baterai lithium ion biasa. Dengan desain khusus yang digunakan juga memperkecil peluang terjadinya korsleting atau terbakarnya baterai.

Alasan dipilihnya Kashiwazaki sebagai lokasi pabrik antara lain adalah gencarnya kampanye kendaraan elektrik dan hybrid serta usaha yang berhubungan dengan teknologi terkait yang dilakukan di kota itu. Sebagai imbalannya, Toshiba akan mendapatkan subsidi tertentu dari pemerintah kota.

Oktober lalu, Toshiba juga menyatakan bahwa mereka siap meluncurkan perangkat baterai methanol komersial pertamanya yang menjanjikan charging yang lebih cepat untuk produk elektronik portabel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s