Lampaui iPod, Walkman Kuasai Pasar

Pangsa pasar Sony di industri pemutar musik digital mengalahkan Apple dengan 47,8 persen.

Anda ingat Walkman, perangkat musik portabel buatan Sony yang sangat populer pada tahun 80-an dan meredup saat 90-an? Kali ini, alat pemutar musik tersebut kembali ke puncak popularitas. Setidaknya di Jepang.

Menurut survei Agustus lalu yang dilakukan BCN Inc, perusahaan riset marketing asal Tokyo, terungkap bahwa Sony, yang selama ini terus-menerus berada di peringkat kedua di belakang Apple kini kembali ke puncak.

Pangsa pasar Sony untuk pemutar musik digital mengalahkan Apple dengan 47,8 persen. Sementara itu, alat pemutar musik buatan Apple yakni iPod hanya menguasai 44 persen pasar.

“Ini merupakan pertama kalinya Walkman mengalahkan penjualan iPod secara bulanan,” kata Eiji Mori, analis dari BCN, seperti dikutip dariDailyTech, Selasa 7 September 2010.

BCN terus memantau penjualan MP3 player secara rutin tiap bulannya di seluruh Jepang sejak 2001. Sepanjang kurun waktu 2001-2010, Sony sempat memimpin hanya dalam satu pekan, yakni September 2001. Namun, dalam penjualan bulanan, angkanya tetap di bawah Apple iPod.

Pencapaian penjualan yang lebih baik dibanding iPod tersebut dipicu oleh peluncuran model terbaru mereka yakni Walkman S yang beredar mulai Mei lalu. “Pengguna tampaknya bertahan untuk tidak membeli iPod sampai generasi terbaru beredar,” tutur Mori.

“Strategi Sony yang memasarkan produk yang relatif terjangkau kemungkinan juga telah berkontribusi terhadap pengambilalihan puncak pangsa pasar,” kata Mori.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s