Kontes Adu Cerdas Robot Digelar di UGM

Lomba terinsiprasi game yang temanya diambil dari cerita rakyat Jepang, Kago.

Inovasi di bidang teknologi terus digalakan di Indonesia, salah satunya dalam bentuk robot. Sebanyak 37 tim peserta Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan 13 tim peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) mengikuti Kontes Robot Tingkat Regional 3 di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Lomba yang digelar mulai hari ini, Rabu 13 Mei 2009 mempertandingkan empat kategori lomba, yakni senior beroda (16 tim), senior berkaki (6 tim), expert single (6 tim), dan expert battle (10 tim).

“Khusus KRCI ke-4 kategori yang dilombakan itu prinsipnya bisa memadamkan lilin atau semacam pemadam kebakaran,” kata ketua panitia kontes robot, M. Ashari, seperti dikutip laman Departemen Komunikasi dan Informatika, Rabu 13 Mei 2009.

Dia menambahkan, untuk KRI merupakan ajang tanding antar perguruan tinggi se-Indonesia di bidang robotic dalam bentuk game yang temanya diambil dari cerita rakyat Jepang, Kago. Robot diuji kemampuan memukul sebuah drum.

Nantinya para peserta lomba KRCI akan diambil juara satu sampai dengan tiga yang akan diikutkan dalam lomba tingkat nasional. Sedangkan untuk KRI karena terdiri dari 4 regional maka akan diambil lebih dari 12 pemenang.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Suryo Hapsoro dalam sambutannya mengatakan kontes robot bertujuan memupuk minat, bakat dan kreatifitas mahasiswa dalam berinovasi di bidang teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s