Robot pun Bisa Bohongi Manusia

Sebuah robot terbaru bisa mendeteksi kebohongan sekaligus menipu manusia.

Sebuah program baru memungkinkan sebuah robot untuk mendeteksi apakah robot lain berpotensi untuk berbohong. Para peneliti mengklaim bahwa  program ini dapat mendeteksi kebohongan.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, program yang dikembangkan para peneliti yang berbasis di Institut Teknologi Georgia ini juga dapat membuat robot memiliki kemampuan untuk menipu manusia.

Terobosan ini diharapkan memberi sumbangsih bagi kemajuan militer. Program ini bisa digunakan untuk pengembangan robot yang dapat melucuti bom dan membawa prajurit terluka dari bahaya.

Pemahaman mengenai konsep ini, kata para ilmuwan, “Memungkinkan robot juga memiliki kemampuan untuk menghindari penangkapan.”

Di balik terobosan spektakuler ini, sejumlah ahli justru menyimpan kekhawatiran bahwa pengembangan teknologi ini justru akan merusak citra positif antara robot dan masyarakat. Ini juga berpotensi menyebabkan perkembangan berbahaya, seperti pemanfaatan robot untuk berburu dan berjudi.

Mereka yang khawatir mengatakan, “Salah satu masalah besar adalah teknologi robot sedang mencoba untuk mendapatkan kepercayaan publik.  Jika robot  bisa menipu, ini bisa menjadi masalah serius.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s