Buru Pembajak, Agen Microsoft Beli PC di Toko

Yang tidak lulus menghadapi ‘pembeli misterius’ akan dituntut secara hukum.

Dalam rangka mengedukasi pasar akan pentingnya penggunaan software asli, Microsoft menggelar kampanye anti pembajakan. Kampanye akan digelar selama enam bulan ke depan.

Dalam kampanye ini, penyidik swasta akan membeli komputer baru secara acak dan mengirim komputer-komputer tersebut ke teknisi software. Setelah itu, komputer diuji apakah dijual dengan software asli dan berlisensi atau tidak.

Dealer yang menjual komputer dengan software asli akan menerima surat penghargaan dari Microsoft, adapun yang tidak lulus menghadapi ‘pembeli misterius’ akan dituntut secara hukum,” kata Jonathan Selvasegaram, Legal Advisor for Intellectual Property Microsoft South East Asia, pada keterangannya, 14 September 2010.

Bagi mereka yang menerima surat gugatan, kata Selvasegaram, akan dikenakan tuntutan hukum perdata, atau dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk menghadapi tuntutan pidana.

Sebagai informasi, pada tahun 2001, Microsoft sukses meraih US$4,4 miliar melalui keputusan pengadilan dan meneken kesepakatan penyelesaian dengan beberapa dealer komputer yang melanggar hak cipta Microsoft dengan menjual dan mengedarkan komputer yang terinstal dengan software Microsoft bajakan.

Menurut Microsoft, dealer yang menawarkan komputer dengan software bajakan tidak hanya membuat penjual yang jujur menghadapi risiko adanya persaingan tidak sehat; akan tetapi mereka juga menyebabkan berbagai perusahaan menghadapi risiko berupa tindakan hukum dari kepolisian akibat penggunaan software ilegal oleh pengguna bisnis.

“Dari sisi pengguna, konsumer juga menghadapi resiko berupa masalah keamanan sebagai akibat dari penggunaan software bajakan,” kata Selvasegaram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s