Microsoft Siapkan Pesaing iPad

Asus, Dell, Samsung, Toshiba, dan Sony, sederet perusahaan yang akan mengadopsi Windows 7.

Apple iPad terus kedatangan pesaing baru. Tak tanggung-tanggung, kali ini ancaman itu datang dari Microsoft. Raksasa perusahaan komputer besutan Bill Gates itu mengumumkan rencananya untuk meluncurkan PC tablet berbasis Windows akhir tahun ini.

Hal itu diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) Microsoft, Steve Ballmer, kepada delegasi yang hadir pada konferensi tahunan partner global Microsoft hari ini, Selasa 13 Juli 2010.

“Tahun ini adalah momen yang tepat untuk merilis perangkat cerdas ataupun ponsel berbasis Windows 7,” kata Ballmer. “Beberapa bulan lagi, Anda akan melihat perangkat cerdas berbasis Windows 7 yang sangat mengesankan. Ini adalah area yang sangat penting bagi kami.”

Microsoft belum yakin untuk merilis pesaing iPad. Tetapi, Ballmer mengonfirmasi, Asus, Dell, Samsung, Toshiba, dan Sony, adalah sejumlah perusahaan elektronik konsumer besar yang akan membuat tablet PC berbasis Windows.

“Ada yang muncul dengan keyboard, ada pula yang tidak. Beberapa ada juga yang memakai dok. Banyak faktor yang membedakan masing-masing produk, mulai dari ukuran sampai harga,” ucap Ballmer.

“Yang pasti, mereka semua akan memakai Windows 7 sebagai sistem operasinya, aplikasinya, dan Office,” imbuh pria berdarah Yahudi itu.

Tak cuma membicarakan tablet, Ballmer juga menyinggung soal smartphone. Dia mengakui, Microsoft tertinggal dari Apple dan Google yang fokus lebih dulu dalam menggarap pasar ponsel.

Meski sempat berkibar di pasar ponsel global, menurut dia, Windows Mobile takluk di segi fitur dan fungsionalitas oleh ponsel-ponsel pintar yang ada di pasar saat ini, seperti iPhone dan ponsel Android.

Sebab itu, dalam waktu dekat, Microsoft akan meluncurkan sejumlah ponsel berbasis Windows Phone 7 pertama di dunia menjelang akhir 2010. “Saya yakin Microsoft akan memberikan Anda sebuah perangkat berbasis Windows yang membanggakan untuk di bawa ke mana-mana,” tutur Ballmer.

Sekadar diketahui, berdasarkan laporan terbaru, Apple telah menjual sekitar tiga juta unit iPad sejak digelontorkan April 2010. Beberapa waktu setelah itu, Dell menyusul dengan menghadirkan Streak, tablet PC berbasis Google Android.

Beberapa hari yang lalu, beredar rumor bahwa Research In Motion (RIM) juga mempersiapkan BlackBerry tablet. Berdasarkan informasi terakhir, BlackBerry tablet akan muncul dengan layar selebar 7-inci dan prosesor berkekuatan 1GHz.

One response to this post.

  1. Benar-benar ga mau kalah, om bill gates

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s