3 Hari Lagi Jupiter Mendekati Bumi

Warna Jupiter akan terlihat lebih terang, agak kemerahan.

Bagi penggemar astronomi dan dunia ruang angkasa, diimbau tidak melewatkan momen jarak terdekat planet Jupiter dengan Bumi. Posisi dengan jarak terdekat ini pernah terjadi juga sekitar 47 tahun lalu.

“Nanti sekitar 20 September jarak Jupiter berada di titik terdekat dengan bumi,” kata Thomas Djamaluddin, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) kepada VIVAnews, Jumat 17 September 2010.

Jarak Jupiter dengan Bumi itu mencapai 3,93 kali satuan astronomi atau 3,93 kali 150 juta kilometer. Menurut peneliti yang akrab disapa Djamaluddin ini, fenomena mendekatnya Jupiter dengan Bumi adalah hal yang biasa terjadi setiap tahun.

Tetapi, untuk tahun ini jarak yang tercipta merupakan paling dekat dibanding jarak terdekat rata-rata. Dan jarak ini hampir sama terdekatnya dengan yang terjadi pada 47 tahun lalu. Sedangkan jarak normal Jupiter dengan Bumi itu rata-rata mencapai 6 kali 150 juta kilometer.

Untuk menikmati Jupiter dari Bumi tetap harus menggunakan alat bantu astronomi seperti teleskop. Bagaimana membedakan dan menikmati keindahan Jupiter dari Bumi? “Cahayanya seperti bintang paling terang. Warnanya khusus, agak kemerahan,” kata peneliti lulusan Jepang ini.

Djamaluddin menegaskan, tidak ada dampak apapun yang terjadi saat terjadi fenomena mendekatnya Jupiter dengan Bumi. Posisi terdekat itu juga terjadi karena Jupiter tepat berada menghadap Bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s