Huawei-Qualcomm Buka Akses Internet 42Mbps

Dengan kecepatan ini, pelanggan bisa mengunduh satu lagu 5MB dalam waktu satu detik.

Huawei dan Qualcomm baru saja meng-upgrade jaringan akses Internet di Uni Emirat Arab menjadi 42,4Mbps. Dengan kecepatan unduh sebesar itu, pelanggan dimungkinkan untuk mengunduh satu file musik seberat 5MB dalam waktu satu detik.

Pada peluncurannya, Du, brand milik Emirates Integrated Telecommunications Company (EITC) mengklaim 98 persen populasi di area Uni Emirat Arab akan dijangkau dengan jaringan berkecepatan 42,2Mbps yang diantarkan Huawei dan Qualcomm tersebut.

Terkait upgrade tersebut, Hatem Bamatraf, senior vice president of network development Du mengatakan upgrade jaringan mobile broadband dari HSPA+ menjadi DC-HSPA+ akan menggandakan kecepatan transfer data atau downlink 21Mbps.

“Kami bangga mengumumkan upgrade pertama di Uni Emirat Arab dengan peluncuran mobile broadband berkecepatan tinggi hingga 42,2 Mbps. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tumbuh pesatnya penggunaan akses broadband di wilayah Uni Emirat Arab,” kata Bamatraf.

Kartu data (data card) spesial, yang akan digunakan untuk modem atau perangkat mobile lainnya guna menikmati kecepatan 42,2 Mbps tersebut akan dirilis dalam waktu dekat.

Sementara itu, General Manager Huawi Lv Jun menyatakan kepuasannya karena sukses membantu Du dalam transformasi jaringan HSPA+ ke DC-HSPA+. “Solusi HSPA+ milik Huawei dengan teknologi dual-carrier, yang telah dipilih dan dikembangkan Du, menjadi jaringan tercepat dan terdepan di UAE,” katanya.

Di Indonesia, operator yang melakukan upgrade serupa adalah PT Indosat Tbk. Setelah menghadirkan layanan DC-HSPA+ 42 Mbps di Jakarta dan Surabaya, pada awal Agustus silam, perusahaan yang mayoritas sahamnya dikuasai Qatar Telecom ini menghadirkan akses Internet 42Mbps di Medan, Sumatera Utara.

Sekadar ilustrasi, dengan kecepatan hingga 42,2 Mbps, dalam tingkat maksimal, pelanggan Du bisa mengunduh satu lagu berkapasitas 5MB dalam waktu satu detik, satu klip video berkapasitas 35MB dalam waktu 6-7 detik, dan satu film penuh berkapasitas 800MB dalam waktu 2,5 menit.

One response to this post.

  1. Posted by syafii on Februari 3, 2011 at 9:08 am

    waw sip banget tu. Dengan begitu kita tak perlu tidur klo mau download file yang kapasitasnya besar

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s