Mau Kembangkan Bisnis, Ini Keluhan Tomy

Bunga tinggi berdampak pada biaya produksi. Akibatnya, produk Indonesia jadi mahal.

Bos Humpuss, Hutomo Mandala Putra, bersiap mengembangkan bisnisnya. Namun ada ganjalan yang membuat ia kurang maksimal memajukan usaha. Apa itu?

“Indonesia masih dianggap daerah yang berisiko tinggi, sehingga dana-dana yang masuk dari luar negeri bunganya masih tinggi sekali,” ungkap putra bungsu mantan Presiden Soeharto yang akrab dipanggil Tommy Soeharto ini usai acara Silaturahmi Nasional terkait Hari Kesaktian Pancasila di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 1 Oktober 2010.

Kondisi ini membuat produk-produk Indonesia sulit berkompetisi dengan produk dari negara lain.

Tommy menegaskan bahwa kondisi semacam itu juga dialami oleh seluruh pengusaha nasional. Dampak tidak langsung dari kondisi tersebut, menurut Tommy, pada akhirnya juga terkena pada masyarakat.

“Akhirnya kesejahteraan rakyat atau pekerja tidak bisa ditingkatkan, karena memang (pengusaha) harus bayar dengan biaya bunga yang tinggi dan juga dengan birokrasi yang masih banyak menghambat  perkembangan ekonomi,” kata Tommy.

Tommy sendiri menakhodai sejumlah bidang usaha di bawah bendera Humpuss. Namun ia sempat tersandung masalah menyangkut proyek mobil nasional, Timor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s