Membuat Installer Linux Ubuntu 10.10 dengan Flashdisk

Malas bakar file ISO ubuntu ke CD…? bikin installer nya pakai USB flashdik aja… emang bisa…? bisa dunk… gampang malah… begini langkah-langkahnya:

pertama: download dulu aplikasi yang namanya Universal USB Installer, yang bisa di-download di website http://www.pendrivelinux.com tapi sayangnya aplikasi ini hanya bisa running di wi***ws. Tapi ga apa-apalah, sekali-kali pinjam wi***ws nya teman…

kedua: jalankan aplikasi Universal USB Installer yang telah ter-download. untuk menjalankan aplikasi ini tidak diperlukan proses install, jadi langsung jalankan aja file hasil donwload tersebut. tampilan dari aplikasi tersebut adalah seperti pada gambar berikut:

ketiga: isikan input yang diperlukan. Pilih distro linux yang akan dibuat installer nya dengan memilih pilihan yang ada pada menu dropdwon. Pada contoh ini saya memilih Ubuntu Netbook Remix 10.10, tentukan pilihan ini sesuai dengan distro yang Anda gunakan. Kemudian tentukan di folder mana file ISO linux Anda berada dengan meng-klik tombol browse. Selanjutnya tentukan letak drive USB flashdisk Anda, pada contoh UFD saya berada pada drive H:\. Setelah itu beri tanda checkbox bila Anda ingin mem-format UFD Anda. Terakhir tinggal klik tombol Create saja.

Keempat: langkah terakhirnya ya harus sabar nunggu dunk…  tunggulah beberapa saat sampai ada pesan bahwa USB installer selesai dibuat. Selamat…! sekarang Anda telah memiliki USB Installer linux… tinggal gunakan aja seperti live CD linux pada umunya. jangan lupa ubah dulu first boot sequence dengan flashdisk installer Anda. Gimana..? Gampang tow…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s