UFO atau Awan Aneh

Pencarian UFO telah dilakukan selama beberapa dekade. Tapi, tak ada bukti sahih.

Apakah ada kehidupan lain di alam semesta, masih jadi teka-teki terbesar manusia. Keberadaan mahluk luar angkasa (alien) seringkali dianggap diwakili oleh penampakan UFO (unidentified flying object).

Hingga kini belum ada bukti sahih bahwa benar UFO nyata. Namun, penampakan aneh di langit seringkali membuat kita terpana dan menghubung-hubungkannya dengan kunjungan alien di Bumi.

Berikut tujuh hal yang sering memicu hoax alias berita bohong soal penampakan UFO:

1. Uji coba militer

Akhir 1940-an dan awal 1950-an adalah ‘jaman keemasan’ penampakan UFO dan alien di New Mexico. Namun, usut punya usut, ternyata penampakan aneh di langit disebabkan uji coba rahasia Angkatan udara.

Salah satunya dikenal sebagai ‘Project Mogul’ di mana sebuah balon udara membawa mikrofon di ketinggian — untuk mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan dari uji coba atom Uni Soviet.

Angkatan Udara bahkan telah mengkonfirmasi bahwa kisah UFO paling tenar sejagad — insiden Roswell  pada 1947 —  tentang penemuan piring terbang UFO, adalah serpihan balon udara yang jatuh.

Namun, para pencari UFO tak percaya begitu saja. Apalagi, dilaporkan penemuan empat alien berupa manusia berkepala besar dan berwarna abu-abu di lokasi tersebut.

2. Pesawat terbang

Contoh kasusnya bahkan baru terjadi belakangan ini. Fenomena misterius diduga disebabkan misil atau rudal melintasi langit di sekitar barat laut Pulau Catalina, atau sekitar 35 mil arah barat Los Angeles, AS Selasa 9 November 2010.

Pihak angkatan bersenjata mengatakan, tak ada rudal yang diluncurkan saat itu.

Setelah penyelidikan menyeluruh, bahkan oleh Pentagon dan NASA, penampakan misterius itu — titik bercahaya diikuti ekor asap panjang di belakangnya — disebabkan pesawat terbang.

Jejak asap tampak jelas saat Matahari terbit atau terbenam. Di lokasi yang berbeda, akan memicu desas-desus penampakan UFO maupun dugaan adanya uji coba militer rahasia.

3. Venus

Penampakan planet kedua dalam terdekat dengan Matahari, Venus seringkali disalah artikan sebagai UFO. Dilihat dari Bumi, Venus terlihat seperti cahaya terang yang menggantung di langit saat Matahari terbenam.

Terkadang, planet itu nampak sedang melayang perlahan di langit senja.

4. Balon

Tak seperti  insiden ‘bocah balon’,  balon yang melayang di udara bisa menciptakan sensasi nan heboh secara tak sengaja.

Misalnya, pada Rabu 13 Oktober 2010 sore, ratusan orang di Chelsea, Manhattan, New York heboh melihat benda perak berkilauan di atas langit. “Lihat ke langit, lihat ke langit,” teriak mereka.

Isu berkembang bahwa benda itu adalah UFO. Apalagi, ada beberapa orang yang sampai lapor polisi dan instansi penerbangan (FAA), bahwa mereka melihat obyek besar bergerak lambat penuh dengan kerlip lampu.

Namun belakangan terungkap, benda berkilauan itu ternyata disebabkan balon helium yang lepas dari pesta pertunangan dadakan seorang guru di Sekolah Milestone di Mount Vernon. Balon lepas pukul 13.00 waktu setempat, sementara penampakan pertama dilaporkan pukul 13.30.

5. Formasi awan aneh

Memicu kabar bohong soal UFO bisa diakibatkan fenomena yang lebih alami, formasi awan yang tak biasa.

Akhir Oktober lalu, penampakan halo raksasa di langit Moscow menjadi sensasi di YouTube. Video yang diunggah segera jadi rumor penampakan UFO. Apalagi terlihat ada benda gelap yang keluar dari cincin awan itu.

Namun, ahli meteorologi segera mementahkan isu UFO tersebut: bahwa penampakan itu adalah ilusi optik yang disebabkan cahaya Matahari yang mengarah ke arah awan, terganggu angin atau lalu lintas pesawat.

6. Tes misil

Pada 8 Desember 2009, penampakan spiral cahaya raksasa spektakuler terlihat di langit Norwegia.

Saksi mata mengatakan mereka melihat cahaya biru yang memancar dari belakang gunung. Cahaya itu lalu berhenti di tengah langit, kemudian mulai berputar.

Hanya beberapa detik, lalu terlihat spiral raksasa di langit. Setelah itu, cahaya hijau muncul dari tengah spiral, bertahan 10 hingga 12 menit, sebelum akhirnya menghilang sama sekali.

Ada yang menduga spiral raksasa itu datang dari roket milik Rusia. Ada juga yang menduga fenomena aneh itu disebabkan meteor, aurora,  gelombang atau bahkan UFO.

Belakangan Departemen Pertahanan Rusia mengkonfirmasi, fenomena itu disebabkan misil Rusia yang gagal sesaat setelah diluncurkan.

7. Cahaya

Seperti halnya awan, misteri penampakan UFO mungkin bisa dipicu oleh fenomena cuaca alami yang dikenal sebagai sprite — kilatan cahaya di atmosfer yang dipicu badai.

Sprite bisa tiba-tiba muncul saat kilat membangkitkan medan listrik di atas badai — memproduksi cahata terang yang seperti menari.

Sprite dapat membentuk formasi bola elektrik, juga bisa berbentuk garis-garis atau sulur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s